PENGANTAR EKONOMI MIKRO

Yetty, SE., ME., & Dr. Rivai Umar, SE., M.Si.

ISBN. 978-602-6824-49-3
Penyunting: Dr. Adnan Rajak, SE., M.Si. & Abdurahman Senuk
Penerbit: Lembaga Penerbitan Universitas Khairun (LepKhair)
Redaksi: Lembaga Penerbitan Universitas Khairun (LepKhair)
Pos 97719; Telp. (0921) 3110903, 3110904, Fax (0921) 3110901, 3110902
Email: lepkhair@gmail.com; Website: https://lepkhair.unkhair.ac.id/

Sinopsis: Kelangkaan (Scarcity) merupakan kondisi yang dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan dialami oleh siapa saja. Manusia memiliki berbagai keinginan seperti hidup sehat, umur panjang, kekayaan yang melimpah, keamanan, rekreasi yang terjangkau, pengetahuan luas, pakaian baru, rumah mewah, dan sebagainya. Namun, tidak semua orang merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Penting untuk dipahami bahwa kelangkaan tidak identik dengan kemiskinan. Baik orang kaya maupun miskin sama-sama menghadapi kelangkaan. Misalnya, seorang yang miskin ingin makan daging kambing di restoran, tetapi karena keterbatasan uang, ia hanya mampu memesan nasi putih dan telur. Di sisi lain, seorang yang kaya berada di restoran yang sama, memiliki uang berlimpah, dan juga ingin makan daging kambing. Namun, karena alasan kesehatan, dokter melarangnya untuk mengonsumsi daging, sehingga ia pun hanya memesan makanan sederhana. Contoh tersebut menunjukkan bahwa kelangkaan tidak mengenal status ekonomi. Baik si miskin yang kekurangan uang, maupun si kaya yang dibatasi oleh kondisi kesehatan, keduanya sama-sama mengalami keterbatasan dalam memenuhi keinginannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *